SEJARAH DESA SUMBERSEWU

  17 Maret 2017  |  DESA SUMBERSEWU

Pada jaman dahulu sekitar tahun 1927, diwilayah Kabupaten Banyuwangi Timur tepatnya di sebelah utara pantai Muncar dan berbatasan dengan Selat Bali terdapat sebuah daerah subur yaitu Desa Sumbersewu. Daerah tersebut dahulu berupa hutan dan rawa-rawa, oleh karena di daerah tersebut terdapat sumber mata air yang jumlahnya banyak sekali dan apabila dihitung mencapai ribuan mata air maka daerah tersebut diberi nama Desa Sumbersewu.

Desa Sumbersewu terdiri dari 3 dusun yaitu dusun Krajan, dusun Palurejo dan dusun Kumendung. Untuk mengisi jabatan Kepala Desa yang masih kosong, maka pada tahun 1928 dilaksanakan pemilihan Kepala Desa Sumbersewu yang pertama. Terpilih sebagai Kepala Desa yang Pertama adalah Sdr. Jemali, sedangkan Carik dijabat Sdr. Nitihardjo.  Dalam menjalankan roda pemerintahan desa, Kades Jemali dibantu oleh 3 (tiga) orang Kamituo (Kepala Dusun), sebagai Kamituo Dusun Krajan adalah Sdr. Tukijan,  Kamituo Dusun Palurejo  adalah Sdr. Djojo Kadir, sedangkan Kamituo Dusun Kumendung adalah Sdr. Djamino.

Pada tahun 1936 dilaksanakan pemilihan Kepala Desa adalah Sdr. Nyaman Mangun Dihardjo. Pada tahun 1937 Kades Nyaman Mangun Dihardjo berhenti dari jabatannya kemudian sebagai pengganti Kades Sdr. Kaserin kemudian pada tahun itu juga diadakan pemilihan Kepala Desa yang ketiga dan yang terpilih menjadi Kepala Desa adalah Sdr. Nitihardjo. Pada masa Pemerintahan Kades Nitihardjo diadakan pergantian susunan anggota Perangkat Desa yaitu untuk Carik dijabat Sdr. Sukadi, sedangkan Kamituwo untuk Dusun Krajan dijabat Sdr. Dulah Semangun. Kemudian pada tahun 1942 Kades Nitihardjo dari jabatannya dan sebagai pengganti Kades adalah Sdr. Sumantri. Pada masa itu diadakan pergantian anggota perangkat desa yaitu Carik Sukadi diganti oleh Sdr. Darmo Utomo sedangkan Kamituwo Dusun Kumendung dijabat oleh Sdr. Sampuri.

Pada tahun 1943 diadakan pemilihan Kepala Desa yang keempat kalinya dan yang terpilih menjadi kades adalah Sdr. Saniman. Pada Masa Pemerintahan Kades Saniman diadakan pergantian anggota perangkat desa yaitu Kamituwo Dusun Krajan Dulah Semangun diganti Sdr. Ndemo.

Pada tahun 1952 Kades Saniman berhenti dari jabatannya yang kemudian tahun itu juga diadakan pemilihan Kepala Desa yang kelima kalinya dan yang terpilih sebagai Kades adalah Sdr. Darmo Utomo masa pemerintahan sampai dengan tahun 1973. Pada masa pemerintahan itu diadakan pergantian anggota perangkat desa antara lain Carik dijabat oleh Sdr. Miskanto, sedangkan Kamituwo Dusun Krajan dijabat oleh Sdr. Maidi, Dusun Kumendung dijabat oleh Sdr. Sampuri dan dusun Palurejo dijabat oleh Sdr. Legiman lalu pada pertengahan masa pemerintahan desa itu diadakan pergantian anggota perangkat desa lagi yaitu Carik Miskamto diganti oleh Sdr. S. Kusnarto, Kamituwo Dusun Krajan Maidi diganti oleh Sdr. Mirin, sedangkan Kamituwo Dusun Kumendung Sampuri diganti oleh Sdr. Katemin.

Pada tahun 1973 diadakan pemilihan Kepala Desa yang keenam kalinya dan yang terpilih menjadi Kepala Desa yaitu Sdr. Kusnarto. Pada masa itu diadakan pergantian anggota Perangkat Desa yaitu Carik dijabat oleh Sdr. Hery Kusminto dan pada tahun 1979 Kades Kusnarto berhenti dari jabatannya yang kemudian Kades dijabat oleh Sdr. Djaeran. Pada tahun 1980 Struktur Organisasi Pemerintahan Desa Sumbersewu dirubah menyesuaikan undang-undang Nomor 5 tahun 1979 tentang Pemerintahan Desa. Perubahan Struktur Pemerintahan Desa tersebut diatur sebagai berikut:

  • Sekretariat
      • Carik dirubah menjadi Sekretaris Desa, Cemendi dirubah menjadi Kaur (Kepala Urusan) dengan tambahan personil sebagai berikut:
  • Kepala Urusan pemerintahan                     : Darmanto
  • Kepala Urusan Ekonomi dan pembangunan                  : Sunoto
  • Kepala Urusan Kemasyarakatan                 : Samingan
  • Kepala Urusan Keuangan                           : Karyono
  • Kepala Urusan Umum                                : Suyatmi
  • Pengurus P3A:

Ketua                 : Muslikan

Sekretaris           : Madali

Bendahara         : Tamiyo

Jogotirto             : Kastur

Pada tahun 1982 diadakan pemilihan Kepala Desa yang ketujuh kalinya. Pilkades ini diikuti oleh 2 (dua) orang calon yaitu: Sdr. Djaeran dengan lambang pisang dan Sdr. Soewarno dengan lambang kelapa, terpilih sebagai Kepala Desa adalah Sdr. Soewarno. Pada masa itu diadakan pergantian anggota Perangkat Desa yaitu Sekdes Hery Kusminto pada tahun 1984 diganti oleh Sdr. Drs. Sunoto, sedangkan Kepala Dusun Krajan Mirin diganti oleh Sdr. Subowo serta perubahan struktur  kepala urusan sebagai berikut:

Kaur Pemerintahan : Darmanto

Kaur Ekobang         : Misenah

Kaur Kesra              : Samingan

Kaur Keuangan      : Karyono

Kaur Umum            : Suyatmi

 

Pengurus HIPPA:

Ketua                      : Suwadi

Sekretaris               : Jaman Puji Widodo

Bendahara              : Nasirun

Jogotirto                 :  - Kastur                

                                  - Samijan    

                                  - Tugiyono

Pada tahun 1991 diadakan pemilihan Kepala Desa yang kedelapan kalinya. Pilkades ini diikuti oleh 2 (dua) orang calon yaitu: Sdr. Yahman dengan lambang kelapa dan Sdr. Soewarno dengan lambang padi, terpilih sebagai Kepala Desa adalah Sdr. Soewarno. Tahun 1996 Kepala Dusun Palurejo Legiman  meninggal dunia diganti oleh Sdr. Atim. Desa Sumbersewu sebagai desa induk memiliki wilayah 2 (dua) dusun yaitu dusun Krajan dan Dusun Palurejo, dengan susunan Anggota Perangkat sebagai berikut:

Kaur Pemerintahan      : Suyatmi

Kaur Ekobang        : Misenah

Kaur Kesra             : Atok Suprapto

Kaur Keuangan      : Meseri

Kaur Umum           : Muksim

Pada tahun 1999 diadakan pemilihan Kepala Dusun diikuti oleh 2 (dua) calon yaitu Sdr. H. Muslikan dan Sdr. Abdul Ro’uf dan yang terpilih adalah H. Muslikan. Pada tahun 2000 Desa persiapan Kumendung Resmi menjadi Desa definitif. Pada tahun 2001 diadakan pemilihan Kepala Desa yang kesembilan kalinya. Lewat BPD membentuk panitia pemilihan Kades dengan susunan sebagai berikut:

Ketua I                   : Mahfud Adi purwanto (BPD)

Ketua II                  : Darsono (BPD)

Ketua III                 : Suprapto (Perangkat Desa)

Sekretaris I             : Biso Warno (BPD)

Sekretaris II            : Muksim

Bendahara             : Miseri

Pilkades tersebut diikuti oleh 3 (tiga) orang calon yaitu:              Sdr. Solikin, SE dengan lambang Manggis mendapat 1.528 suara,         Sdr. Katimun Sudarsono dengan lambang Rambutan mendapat 805 suara dan Sdr. Budi Santoso dengan lambang Durian mendapat 1.529 suara, terpilih sebagai Kepala Desa adalah Sdr. Budi Santoso. Pada masa pemerintahannya diadakan pergantian anggota Perangkat Desa yaitu Sekdes Drs. Sunoto diganti oleh Sdr. Muksim, Kepala Dusun Krajan Subowo diganti oleh Sdr. Agus Mundari dan Kaur Umum yang sebelumnya dijabat Oleh sdr. Muksim diganti Sdr. Miftahul Arifin, S. Ag.

Pada tahun 2010 Kaur. Pembangunan dan Kaur. Pemerintahan diberhentikan karena usia sesuai dengan Peraturan Desa Nomor 1 Tahun 2008 (masa kerja Perangkat Desa adalah sampai umur 60 tahun) penggatian perangkat dilaksanakan melalui proses seleksi yang diikuti oleh 20 peserta sebagai berikut:

  1.  

Isnaini

  1.  

Belinda Candra Kartika

  1.  

Moh. Mukson Arifin

  1.  

Slamet Arifin

  1.  

Uma’iyah

  1.  

Mohammad Sudarsono

  1.  

Deny Irawati

  1.  

Irawati

  1.  

Winarti

  1.  

Eko Purnomo

  1.  

Dessy Fatimah Harini

  1.  

Sri Winarsih

  1.  

Moch. Sutiyono

  1.  

Siti Sholikhatin

  1.  

Abdul Azis

  1.  

Puput Indah Lestari, A. Md.

  1.  

Susana Lestari

  1.  

Hendrik Dwi Sujatmiko

  1.  

Yuni Fitri Astutik

  1.  

Eko Suharyono

 

Terpilih dua orang yaitu Uma’iyah dan Isnaini. Setelah dua orang tersebut ditetapkan sebagai anggota perangkat, terjadi perubahan susunan yaitu:

  • Sekretariat:

Kaur Pemerintahan     : Miftahul Arifin, S. Ag.

Kaur Pembangunan    : Uma’iyah

Kaur Kesra           : Atok Suprapto

Kaur Keuangan    : Meseri

Kaur Umum         : Isnaini, S.Pd.I

 

  • Pengurus HIPPA:

Ketua                    : Sukari

Sekretaris             : Suyono

Bendahara            : Sutoyo

Jogotirto               : -  Sugiran                  -  Mahfudhi

                               -  Amat Jayadi           -  Suprapto

                               -  Tugiyono

Pada tahun 2011 diadakan pemilihan Kepala Desa yang kesepuluh, melalui BPD membentuk panitia pemilihan Kades sebagai berikut:

Ketua I                      : Katimun Sudarsono (LPMD)

Ketua II                     : Darsono (LPMD)

Sekretaris I               : Ali Mutaqin (Tokoh Masyarakat)

Sekretaris II              : Abdul Azis (LPMD)

Bendahara                : Siti Fatimah (LPMD)

Pilkades tersebut diikuti oleh 2 (dua) orang calon yaitu: Mohamad Dardiri dan Muzayanah, terpilih sebagai Kepala Desa adalah Sdr. Mohamad Dardiri. Dalam masa pemerintahannya terjadi pergantian kepala dusun Palurejo, mengingat sebelumnya kepala dusun Palurejo dijabat oleh Sdr. Mohamad Dardiri.

Pada tahun 2012 diadakan pemilihan kepala dusun Palurejo yang diikuti oleh 3 orang, yakni Arisman, Samsul Arifin dan H. Wahyudi, terpilih sebagai kepala dusun Palurejo  adalah Sdr. Arisman.

Contact Details

  Alamat :   Jln. PB. Sudirman No. 99 Sumbersewu Muncar Banyuwangi Jawa Timur
  Email : Sumbersewu@gmail.Com
  Telp. : (0333) 593567
  Instagram : Pemdes Sumbersewu
  Facebook : Desa Sumbersewu
  Twitter : Sumbersewu


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi