KESEHATAN

  05 April 2017  |  DESA SUMBERSEWU

Kondisi Kesehatan warga Desa Sumbersewu sampai saat ini masih membutuhkan perhatian dari pemerintah. Hal tersebut terlihat dari kurangnya fasilitas kesehatan yang memadai. Sehingga apabila masyarakat yang ingin berobat harus menempuh jarak yang jauh. Beberapa fasilitas kesehatan yang telah ada yakni: 1 Pustu, 2 Rumah Bidan, 1 tempat praktek dokter swasta, 2 Perawat Kesehatan, 1 Toko Obat, 10 Pos Posyandu yang terdiri dari 8 Posyandu Balita dan 2 Posyandu Lansia.

Selain itu, aspek penting yang mendukung kesehatan masyarakat adalah MCK dan sampah. Sarana MCK meliputi sumur dan jamban, sumur yang digunakan merupakan sumur gali yang kondisinya sudah tergolong baik dengan sumber air yang melimpah meskipun ada beberapa rumah tangga yang belum memiliki dikarenakan kurang mampu dan berdekatan dengan sumber air dan sungai. Kondisi Jamban juga demikian, ada warga yang sudah memiliki jamban sehat, ada yang  memiliki jamban namun kurang sehat, dan ada juga yang belum memiliki.

Sedangkan, dalam hal pengelolaan sampah masyarakat masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan cara mengumpulkan sampah dan membakarnya atau dengan membuat lubang sampah di pekarangan rumah masing-masing, apabila lubang telah penuh lubang tersebut di tutup kemudian di buatkan lubang yang baru. Namun pengelolaan yang demikian belum maksimal untuk menanggulangi sampah karena sampah yang ditimbun tidak di pilah terlebih dahulu antara sampah organik dan anorganik, sehingga menimbulkan kerusakan lingkungan. Untuk itu sangat diperlukan pembinaan dari dinas terkait mengenai pengelolaan sampah baik sampah organik maupun sampah anorganik sehingga pengelolaannya dapat maksimal.

Contact Details

  Alamat :   Jln. PB. Sudirman No. 99 Sumbersewu Muncar Banyuwangi Jawa Timur
  Email : Sumbersewu@gmail.Com
  Telp. : (0333) 593567
  Instagram : Pemdes Sumbersewu
  Facebook : Desa Sumbersewu
  Twitter : Sumbersewu


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi