Kebijakan Pembangunan

  05 April 2017  |  DESA SUMBERSEWU

Pembangunan masyarakat adalah suatu cara atau metode yang disusun untuk mengembangkan masyarakat menuju keadaan yang lebih baik. Pembangunan masyarakat bukan saja dijalankan oleh pemerintah, tetapi juga harus melibatkan masyarakat sebagai pengidentifikasi masalah dan merumuskan program apa yang dibuat untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Partisipasi pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk membentuk pembangunan yang berkelanjutan, kolaborasi dua sistem ini membentuk sebuah kekuatan yang mensinerjikan satu dengan yang lain. Tanpa adanya dua kekuatan ini, maka pembangunan tidak berjalan dengan baik dan tidak mempunyai power.

Pembangunan yang dilakukan harus punya prinsip, pokok-pokok pembangunan dan sampai pada mekanisme pelaksanaanya. Pembangunan masyarakat juga harus di rencanakan, agar dalam pelaksanaannya mudah melakukan pengontrolan dan evaluasi untuk perbaikan pembangunan itu.

Setiap program atau kebijakan pembangunan yang dilakukan di Desa Sumbersewu pada dasarnya sudah sesuai dengan prosedur perencanaan pembangunan dari daerah, dimulai dari tilik dusun hingga musrenbangdesa dan akhirnya dimuat dalam RKP-Desa. Selain itu, apabila ada usulan pembangunan yang tidak dapat dilaksanakan oleh pemerintah desa mengingat anggaran yang dimiliki terbatas, maka program tersebut akan diusulkan pada pemerintah (Kabupaten, Propinsi, Pusat) melalui Musrenbangcam, PNPM ataupun proposal.

Contact Details

  Alamat :   Jln. PB. Sudirman No. 99 Sumbersewu Muncar Banyuwangi Jawa Timur
  Email : Sumbersewu@gmail.Com
  Telp. : (0333) 593567
  Instagram : Pemdes Sumbersewu
  Facebook : Desa Sumbersewu
  Twitter : Sumbersewu


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi